Feeds:
Posts
Comments

Archive for April 7th, 2011

Aslinya saya gaptek di dua urusan ini. Permesinan dan alat elektronik/listrik. (Sebenarnya saya gaptek juga untuk hal-hal yang lain :-D).  Bisanya cuma pakai dan kalaupun tiba-tiba ada trouble, sok-sok baca manual book dan ujung-ujungnya nyerah. Sampai saat ini pun, saya mengandalkan cara-cara praktis yaitu tinggal panggil abang saya jika printer ngadat atau bingung saat membuka tangki bensin mobil.

Tapi hari itu lain, karena dua lelaki di rumah alias bapak dan abang saya sedang di luar kota. Dan mama saya sama saja, 11-12 dalam hal kegaptekan ini.

Pagi di Banda Aceh cerah ceria alias panas. Saya biasanya jadi driver andalan, ngantar mama ke pasar, ke sekolah dll. Tiba di sebuah rumah sakit untuk suatu keperluan, sayapun duduk-duduk di lorong rumah sakit. Ngadem di dalam mobil di jam 11 siang bukan ide yang tepat ! Urusan mama saya pun kelar. Pas mau masuk mobil, kenapa ya remotenya tidak berfungsi. Saya tekan tombol unlocked, tak ada tanda-tanda lampu mobil hidup. Maka saya pun membuka manual dari pintu mobil. Tiba-tiba, alarm mobil dengan kencangnya berbunyi…Berisik sekali. Saya tutup pintu, suaranya masih tetap nyala. Panik…Terlebih di rumah sakit yang harusnya suasana sepi dan tidak berisik. Tiiiinnn..tiiiinnn..tiinnn. Orang-orangpun menoleh ke arah sumber suara dengan tanda tanya -mobil siapa sih itu, berisik sekali.

Seorang bapak berseragam tentara menghampiri mencoba mengutak-atik remote. Baru deh padam. Rupanya urusan belum selesai, karena pas pintu mobil dibuka..alarmnya bunyi lagi. Duuhh, kenapa ini? Si bapak bilang, mungkin habis batere. Dia menekan-nekan lagi remote, berakhirlah bunyinya.

“Kayanya ada kabel yang harus dipotong dulu, ” kata si bapak itu.

“Wah ga apa-apa Pak. Yang penting saya bisa masuk, ntar dibawa ke bengkel.

“Saya mau jemput anak dulu kalau begitu. Sebentar ya..

Jadilah saya dan ibu saya menunggu si Bapak Tentara itu. Semoga dia berbaik hati kembali. Hmm, i really dont have any idea about this. Daripada sok tahu, ntar malah bunyi lagi kan repot..Tunggu si Bapak saja deh.

Menit-menit berlalu. Beliau yang kami nantikan itu belum muncul. Mama saya sudah tidak tenang. Akhirnya, kami memutuskan untuk phone a friend alias menelpon Bu Dian, salah satu staf di kantor. Alhamdulillah, tak lama datang Bang Ilham, utusan Bu Dian yang menangani hal tersebut.

Saat diutak-atik, alarm berbunyi dengan santainya…Tiiinnnn..tiiinn..tiiinn..suaranya tidak merdu sama sekali. Saya pasrah saja. Bang Ilham kemudian dengan cekatan membuka kap mesin, menelusuri kabel-kabel dalamnya dan hup..menemukan sumber masalah. Soket diputuskan dan berakhirlah alarm bawel itu. Fuuiihh, lega. Bapak tentara itu sudah kembali dan saya mengucapkan terima kasih atas kebaikan beliau membantu kami.

Any trouble? Think Fast

Saya diajari singkat isi dalam kap mobil dan tetap saja manggut-manggut ga ngerti. Aslinya saya pengen cepat-cepat pulang minum cendol dingin :-). Akhirnya, tukeran mobil dengan Bang Ilham. Innova yang alarmnya ngadat dibawa ke bengkel.

Tiga puluh menit berselang, innova sudah kembali ke rumah. Dari hasil pengecekan, ternyata batere remote baik-baik saja. Alarm berbunyi karena ada pintu mobil yang belum tertutup rapat yaitu pintu bagasi. Ohya, saya ingat. Kan tadi baru refil galon dan sepertinya pintu tidak tertutup rapat. Baiklah, saudara-saudari. Perlu diingat bahwa, jika alarm remote mobil berbunyi bisa jadi karena pintu mobil tidak tertutup rapat dan kita menekan tombol lock. Maka saat menekan unlock..mobil akan berbunyi. Fiiuuuhh, sepele ya?

Huhu, konyol sekali. Saya sadar sedikit-sedikit harus bisa solusi praktis dalam hal tersebut. Apalagi untuk benda-benda yang ada di sekitar rumah.

Malamnya saya menemui kegaptekan jilid 2 (#bersambung)

 

Read Full Post »